Hong Kong, Kota yang Tidak Cukup Dijelajahi Dalam Waktu 4 Hari

Hong Kong (HK), dalam benak kita pasti muncul bayangan kota modern dengan ribuan pencakar langit dan tempat belanjanya. Ya, HK memang surganya belanja barang murah, baik itu gadget, sport equipment dan banyak lainnya. Bersama teman saya Abraham Ye (Ye Han) yang berasal dari China Mainland (sebutan untuk RRC), saya menjelajahi jalan-jalan di kota yang berjuluk Asia’s World City ini selama 4 hari 3 malam.

Image

View from Sky100

Kota yang sekarang sudah resmi menjadi bagian dari Republik Rakyat China ini dulunya merupakan koloni Inggris, selain Macau yang merupakan koloni Portugal. Namun ternyata meski bagian dari RRC, tidak mudah bagi WN RRC untuk masuk ke HK, mereka perlu semacam surat seperti paspor untuk dapat memasuki kota ini. Dan ketika WN RRC sudah keluar dari HK, apabila mereka ingin masuk lagi, harus mengurus lagi surat sakti tadi (penuturan dari Ye Han), cukup ribet yah.

Untungnya hal itu ga berlaku buat kita WNI. WNI yang berkunjung ke HK hanya bermodal paspor, yap, kita tidak perlu visa untuk masuk HK. Dan di kota ini pun banyak WNI yang tinggal dan berstatus sebagai TKI, jadi jangan takut tersesat di kota ini karena kita bisa menemukan banyak toko Indonesia di setiap Stasiun MTR (kereta bawah tanah HK).

Nah, tempat mana aja yang recommended buat dikunjungai di HK? Ini dia daftarnya :

1. The Peak

The Peak ini merupakan kawasan tertinggi di HK, tepatnya di Victoria Peak. Disini terdapat The Peak Tower, Museum Lilin Madam Tussaude, Sky Terrace 428 dan The Peak Tram Gallery. Sky Terrace 428 merupakan sydeck di atas The Peak Tower untuk melihat HK. Untuk dapat mencapai tempat ini kita bisa naik tram maupun jalan kaki. The Peak Tram merupakan transportasi paling diminati untuk mencapai The Peak. The Peak Tram ini sudah dipakai semenjak tahun 1888. Jalur tram ini dimulai dari lower terminus di sekitar Albert Rd dan berhenti di higher terminus yang berada di dalam The Peak Tower.

2. HK International Convention Hall

HKCH ini merupakan tempat bersejarah, karena disinilah secara resmi Inggris menyerahkan kembali HK ke RRC. Di depan Convention Hall terdapat patung bunga (yang menjadi simbol bendera HK) yang merupakan monumen kebalinya HK ke RRC.

3. Mongkok

Mongkok, berada di sekitar Kowloon daerah ini merupakan pusat toko Adidas, Reebok & Nike. Harga barang-barang seperti sepatu, tas, kaos perlengkapan olahraga disini lebih murah di banding di Indonesia. FYI, saya mendapatkan tas Nike besar dengan harga sekitar Rp. 200.000an apabila dirupiahkan, dan ketika saya cek di Indonesia, harga tas tersebut sekitar Rp. 350.000an dengan model dan ukuran yang hamper mirip sama. Begitu juga dengan harga sepatu.

4. Ladies Market

Nah, kalau yang ini pusatnya souvenir-souvenir untuk dibuat oleh-oleh. Hampir mirip dengan Bugis di Singapore, Ladie market ini merupakan jalanan yang disulap menjadi sebuah market panjang. Disini kita bisa menemukan berbagai macam souvenir seperti kaos, boneka, miniature icon HK, dan barang-barang lainnya. Namun perlu hati-hati, pedagang disini terkenal suka menaikkan harga sampai 5 kali lipat dari harga asli apalagi kalo label kita turis asing, jadi kita kudu pinter-pinter nawar. Beruntung saya bertemu beberapa TKW yang sedang berbelanja sehingga dibantuin nawar dengan bahasa Cantonesse.

5. Sky100

Terletak di Kowloon gedung ini merupakan gedung tertinggi di HK, dan tertinggi ke 4 di dunia setelah Burj Dubai, Taipei101 dan gedung di Guangzhou (lupa namanya). Di lantai 100 gedung ini terdapat skydeck dimana kita bisa melihat HK dari berbagai penjuru. Untuk naik ke lantai 100 ini kita diharuskan menggunakan lift yang sangat menakjubkan dan lift ini membutuhkan waktu 60 detik untuk sampai ke lantai 100.

6. Avenue of The Stars

Seperti Hollywood di USA, Avenue of the stars ini merupakan jalan panjang dipinggir laut yang terdapat cap telapak tangan artis-artis terkenal HK. Berada di daerah Tsim Tsa Sui, tempat ini merupakan spot bagus untuk melihat HK Island dari seberang. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah malam hari, dimana saat malam, lampu2 pencakar langit di HK Island menarik untuk dinikmati.

7. Disneyland

Siapa yang tidak tahu Disneyland, Themed Park yang terletak di Lantau Island ini merupakan surga bagi penggemar Donald Bebek seperti saya, namun untuk orang yang mengharapkan wahana ekstrim di tempat ini harus siap-siap kecewa, karena wahana-wahana disini tidak seekstrim di Dufan ataupun Trans Studio. Untuk menuju ke Disneyland kita harus naik MTR ke Sunny Bay, setelah itu dari Sunny Bay naik kereta khusus Disneyland yang unik untuk sampai di Disneyland.

Interior Kereta Disneyland

8. Ocean Park

Terletak di Aberdeen, bagian selatan dari HK Island, Themed Park ini menawarkan wahana yang memacu adrenalin, lebih ekstrim daripada Dufan & Trans Studio menurut saya. Di Ocean Park juga terdapat Panda Village, yag merupakan tempat konservasi Panda. Untuk mencapai tempat ini, kita harus naik MTR turun di Admiralty, disambung dengan bus khusus menuju ke Ocean Park. FYI, terminal tempat naik bus ini berada persis di depan BNI cabang HK tepatnya kompleks Far East Finance Centre.

9. Ngongping 360⁰ Cable Car

Konon Cable Car ini merupakan yang terpanjang di HK. Terletak di Lantau Island. Wahana ini menawarkan pengalaman melihat HK dengan menaiki cable car. Stasiun awalnya berada di Tung Chung dan berahir di Ngong Ping Village, dimana terdapat patung Budha yang besar.

Inilah 9 tempat wisata yang sempat saya kunjungi saat berlibur di HK. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang saya kunjungi, tapi tidak recommended menurut saya. Dan juga jumlah hari saya berada disana membuat saya tidak bisa puas mengelilingi HK karena masih banyak tempat yang belum saya kunjungi. Untuk beberapa tempat wisata di atas, ada yang akan saya bahas secara mendetail di postingan berikutnya. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s