PLN 24 – Unity in Diversity

Akhir-akhir ini berita mengenai kerusuhan di beberapa wilayah di Indonesia menjadi headline news di hampir semua media negeri ini. Baik itu kerusuhan antar sekolah, pemuda, agama maupun suku. Kerusuhan-kerusuhan yang terjadi itu dengan sendirinya otomatis mencoreng nama Bangsa. Indonesia yang dikenal sebagai Bangsa besar, ramah, demokratis, multi etnis dan agama, masih seringkali dilanda pertikaian.

Analisis mengenai masalah di atas, apa, kenapa dan bagaimana terjadinya bukan merupakan tema yang akan aku bahas di postingan ini (seketika bergema suara *yaaaaah). Bukan karena aku tidak mau, tapi hal seperti itu bukanlah wilayahku untuk menganalisis, banyak orang yang lebih expert untuk membahasnya, dan yang pasti itu bukan aku.

Postingan ini selebihnya hanya merupakan tulisan di waktu senggang, di mana aku kembali mengenang memori angkatanku, PLN 24, yang seperti Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, etnis dan agama. Indonesia kecil bisa dibilang. Namun meskipun perbedaan itu jelas ada, kami sangat menghormatinya, karena perbedaan itulah yang membuat kami saling tahu satu sama lain, saling mengerti, dan menjadi tali pengikat persaudaraan kami sebagai saudara satu angkatan dan satu institusi.

PLN 24 ini merupakan angkatan prajabatan PLN yang anggotanya berasal dari seluruh pelosok Indonesia, yang pastinya berbeda suku, ras dan agama. Ada yang berasal dari suku Batak, Minang, Melayu, Jawa, Lampung, Madura, Bali, Sasak, Bugis, Papua dan bahkan China. Pemeluk Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha ada semua. Kami tidak menyangkal bahwa ada juga konflik kecil diantara kami. Namun konflik-konflik tersebut bukanlah diakibatkan karena perbedaan kami. Perbedaan itu tidak pernah menjadi masalah atau sumber konflik di antara kami.

Maka dari itulah aku bilang PLN 24, Unity in Diversity. Kesatuan dan persaudaraan yang diwarnai, dipercantik serta dikokohkan oleh perbedaan, dimana perbedaan itulah kekuatan kami, kekuatan yang menjadi modal kami untuk bersama-sama membantu membangun Negeri. Sedikit terkesan berlebihan, namun itulah kami. Berbagai latar belakang kami yang berbeda bukanlah sebuah permasalahan atau ancaman untuk kami dalam mengabdi ke masyarakat dan Negara kami.

Meskipun kebersamaan kami sudah hampir menginjak usia 2 tahun, namun sampai sekarang silaturahmi di antara kami tidaklah terputus. Jarak yang selama ini memisahkan kami semua, bukanlah persoalan untuk tetap menjaga persaudaraan kami. Ini tahun 2012 Jendral, banyak media yang bisa kita gunakan agar tali silaturahmi kita tidak terputus karena terpisah waktu, laut dan pulau.

Jika beruntung, beberapa dari kami akan bertemu saat diklat atau acara yang melibatkan semua unit PLN. Untuk informasi saja, dari jumlah kami yang sekitar 300an telah disebar ke seluruh penjuru Indonesia dari Banda Aceh hingga Jayapura, sehingga kesempatan kami untuk berkumpul atau bertemu satu sama lain (kopdar) bukanlah hal yang mudah. Jadi melalui medialah kami masih bisa saling berkomunikasi dan bercengkrama. BBM, FB, Twitter, Skype adalah media yang menghubungkan kami selama ini (thanks God ada teknologi).

Di akhir postingan ini, aku baru teringat sesuatu, sekarang ini sudah bulan November, hampir memasuki Bulan Desember, bulan yang merupakan bulan resmi kelahiran PLN 24. Menjelang 2 tahun PLN 24 aku hanya bisa berdoa, semoga persaudaraan ini akan abadi dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat dan Bangsa Indonesia. Dan juga semoga kebersamaan dan persaudaraan PLN 24 yang seperti Indonesia kecil ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat agar menyudahi pertikaian-pertikaian apalagi yang dikarenakan masalah SARA. Atau bisa menjadi contoh para pelajar supaya tidak lagi menjadikan tawuran sebagai hobi utama mereka. Setidaknya, kami ingin membuktikan bahwa ada hal lain yang bermanfaat yang bisa kita lakukan untuk mebuat kualitas kehidupan kita dan kualitas Negara kita meningkat.

Kiranya doaku di atas tidaklah berlebihan, karena menginginkan yang terbaik buat diri aku sediri, buat negara dan buat agama.

PLN 24, JAYA!!!

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s