Bolak Balik Cuci Tangan Tanpa Bisa Mengendalikan? Hati-Hati Lho OCD!!!

Suatu hari pernah aku bolak balik cuci tangan karena aku merasa belum cuci tangan, padahal aslinya aku sudah cuci tangan. Lho kok bisa? Jujur saat itu, aku juga tidak tahu kenapa bisa terjadi. Hal ini setipe dengan kejadian lain yang aku sering alami, yaitu aku sering tidak yakin aku sudah mengunci pintu atau belum saat keluar rumah, sehingga menyebabkan aku selalu balik lagi ke rumah meski sudah lumayan jauh jalan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apa itu suatu penyakit?

Nah, kalau kalian pernah atau sering mengalami kejadian seperti yang aku alami, kemungkinan kalian mengalami masalah psikologis yang sama dengan aku. Gangguan obsesif kompulsif (Obsessive Compulsive Disorder/ OCD) namanya. Tenang, gangguan ini bukanlah gangguan jiwa berat sekelas schizophrenia, namun gangguan ini masuk ke gangguan kecemasan  Gangguan kecemasan merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan adanya kecemasan yang berlebihan.

OCD ini biasanyai ditandai dengan munculnya gejala-gejala yang berupa pikiran yang terus berulang (ini yang disebut obsesif) dan tindakan berulang untuk menjalankan pikiran obsesif tersebut (kompulsif). Pikiran dan tindakan berulang itu tidak bisa dikendalikan oleh diri kita. Sehingga hal itu sangatlah menganggu aktivitas kita.

Pengalamanku sewaktu aku tinggal sendirian di rumah Ngaliyan, ketika berangkat ke kantor aku merasa belum mengunci pintu rumah, mengakibatkan aku balik ke rumah sampai 3 kali, alhasil aku pun terlambat sampai di kantor. Malamnya karena merasa heran denganku, Satpam komplek pun bertanya kenapa pagi tadi aku bolak balik ke rumah, aku bilang saja ada yang ketinggalan. Inilah kenapa dibilang OCD ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mengobatinya?

Tidak perlu berobat ke dokter kalo dirasa gangguan ini belum parah tingkat provinsi. Alhamdulilah saat ini aku sudah bisa mengurangi sedikit demi sedikit gangguan ini. Bagaimana caranya? Simple, ketika aku melakukan sesuatu, maka aku akan benar-benar memastikan bahwa aku telah melakukannya. Selain itu aku juga membuat kode-kode tertentu sehingaa membantu aku mengatasi OCD ku ini.

Salah satu contohnya ketika di rumah sendiri dan mau pergi keluar rumah, aku membuat sebuah kode untuk memastikan aku sudah mengunci pintu atau belum. Kodenya yaitu, apabila kunci berada di kantong kanan berarti aku sudah mengunci pintu, dan kalau berada di kantong kiri, itu berarti belum. Kode ini memang sengaja aku buat dan untuk aku biasakan. Setiap mau pergi aku selalu mengambil kunci di gantungan dan memasukkannya di kantong sebelah kiri, dan kalau sudah mengunci aku pindah ke sebelah kanan.

Apabila dalam perjalanan gangguan obsesif itu muncul, maka aku akan merogoh saku kanan dan memastikan bahwa kunci rumah sudah berada di kantong sebelah kanan sehingga tidak sampai menimbulkan gangguan kompulsif. Memang butuh proses, tapi setidaknya hal itu bisa menghindarkan aku dari pemakaian obat. Oia selalu berfikir positif juga bisa membantu kita mengatasi OCD ini. Dengan selalu berfikir positif itu akan membantu pikiran kita untuk selalu berfikir rasional dan logis.

Jadi, buat yang sering direpotin ama OCD ini, jangan bersedih, jangan kuatir, apalagi sampai bunuh diri, jangan, itu tidak baik dan bisa dimarahi Tuhan (ceritanya ter-aurel nih). Tetap jalani hari-hari seperti biasa saja, jangan berfikiran macam-macam, selalu berfikiran positif dan pelan-pelan berusaha untuk menghilangkannya. Cerita ke sahabat juga disarankan karena bercerita ke sahabat bisa mengurangi kecemasan yang kita alami. Dan yang terakhir jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa, karena hanya Dia yang bisa menyembuhkan kita.

*dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

