Please, Stop Buang Bangkai Tikus di Jalan!!!

rat_2Menemukan bangkai tikus di tengah jalan sangat sering kita alami. Entah apa alasannya banyak masyarakat lebih suka membuang bangkai tikus (biasanya tikus got yang super gede) di jalan raya ketimbang menguburnya.

Selama ini juga, aku selalu menghindar untuk melindas bangkai tikus yang di jalan. Bukan apa-apa, tapi aku merasa jijik dengan bangkai tikus yang sudah terlindas mobil atau motor di jalan, darah dan daging tikus itu jadi berceceran di jalan mirip potongan daging mentah yang mau dimasak, merah-merah gimana gitu (hieek).

Namun tadi malam, di kelokan menanjak jalan S. Parman depan RS William Booth, ada bangkai tikus yang tergeletak dan aku terlambat melihatnya. Aku menyadarinya ketika motorku sudah hampir melindasnya. Alhasil aku tidak bisa menghindar dan kreess, roda motorku pun melindas bangkai tikus itu. Menggeram jengkel, itu yang aku lakukan karena tidak hati-hati, menyalahkan diri sendiri kenapa bisa tidak melihat bangkai tikus di jalan.

Sebenarnya jengkel juga dengan orang-orang yang suka membuang bangkai tikus di jalan. Kenapa harus di jalan? tidak tahukah mereka kalau apa yang mereka lakukan sangat tidak etis, mengganggu kenyamanan pengguna jalan dan bisa membawa peyakit? Membawa penyakit/ kok bisa?

Jelas membawa penyakit, selama ini kita tahu kalau tikus itu membawa bakteri Leptospira yang menyebabkan Leptospirosis. Nah apalagi sekarang pas musim hujan gini, banyak genangan air.  Ceceran bangkai tikus yang hancur terlindas bercampur dengan air hujan dan membuat bakteri Leptospira menyebar bukan hanya di jalan, tapi juga hingga ke rumah.

Kok bisa di rumah? Ya bisa, bakteri Leptopsira menempel di roda motor/ mobil kita yang melindas bangkai tikus atau genangan air di sekitar bangkai dan membawanya hingga ke rumah. Hiii, membayangkan aja sudah merinding duluan.

Nah ga pengen kamu atau keluarga kamu kena Leptospirosis kan? So, STOP BUANG BANGKAI TIKUS DI JALAN, demi kesehatan kita & lingkungan kita🙂

 

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s