Pari Island, Surga Perawan di Utara Jakarta

Selama ini kita mengenal DKI Jakarta adalah sebuah Provinsi yang penuh dengan hiruk pikuk kehidupan. Macet, polusi, bising selalu hinggap ketika kita menyebut nama Jakarta. Namun ternyata, siapa sangka Provinsi satu ini masih punya tempat yang bisa dibilang perawan lho, eksotis lebih tepatnya.

Yah, tempat perawan yang kontras atau berbanding terbalik dengan keadaan di Jakarta ini adalah Pulau Pari. Pulau Pari ini merupakan salah satu Pulau yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu yang masih masuk ke wilayah DKI Jakarta. Letaknya yang terpisah dari Pulau Jawa, membuat Kepulauan Seribu menjadi tempat yang tidak terkena polusi maupun kemacetan Ibukota. Tak ayal, Kep Seribu jadi tempat favorit warga Jakarta untuk melepas kepenatan Ibukota.

Kembali ke Pulau Pari, Pulau ini mungkinbelum seramai atau seterkenal Pulau Tidung, pulau tetangganya yang jadi tujuan utama wisata Kep Seribu. Namun itulah keuntungan yang bisa kita peroleh saat berkunjung ke Pulau Pari. Sepi, bersih, less polution, dan tenang, atmosfer inilah yang kita butuhkan untuk merilekskan tubuh kita.

531501_10200360959580324_1927140315_n

Kita tidak perlu waktu lama untuk berkeliling pulau ini karena luas pulau ini hanya sekitar42 hektar dengan jumlah penghuni sekitar 789 penduduk. Dengan mengendarai sepeda kita sudah bisa mengelilingi pulau ini dengan puas. Dua hari di Pulau ini sudah bisa membuat otak kita kembali fresh.

Ada Apa di Pulau ini?

Pulau Pari ini menawarkan sejumlah tempat wisata yang sangat rugi kalau dilewatkan.

LIPI

patrick

Kita bisa melihat Sunset di pantai yang terletak di belakang kantor LIPI. Selain itu, di Pantai LIPI juga, kita bisa bermain dengan Patrick Star. Ya, teman Sponge Bob ini memang dibudidayakan di sini untuk tujuan ilmu pengetahuan.  Dengan air yang bersih dan boleh di kata jernih, kita bisa meihat banyak Bintang Laut di pantai ini.

sunset

Pantai Perawan/ Virgin Beach

hutan bakau

Pantai ini berada di sisi lain dari LIPI. Pasir pustih yang membentang dan air laut yang jernih berwarna hijau muda, menggoda kita untuk menceburkan diri ke dalamnya. Di Pantai ini banyak tersedia tempat makan dan penyewaan ban pelampung, jadi ga perlu kuatir dengan fasilitasnya. Di Pantai ini terdapat juga  wisata perahu mengelilingi hutan bakau yang ada di sekitar Pantai. Ee, jangan merasa illfill dulu dengan hutan bakau, hutan bakau di sini begitu mempesona, dengan air yang jernih kehijauan. Dengan menumpang perahu yang sudah ada pendayungnya kita bisa mengelilingi hutan bakau ini selama kurang lebih 60 menit.  Yah, kalau anda suka berfantasi, anggap saja naik perahu ini seperti naik gondola mengelilingi Venesia, bedannya kanan kiri pohon bakau dan malah airnya lebih jernih daripada di Venesia.

Snorkeling

snorkel

Inilah tujuan utama para turis mengunjungi pulau ini, ya snorkeling. Di Pulau ini kita akan diajak ke dua spot snorkeling yang mempunyai banyak terumbu karang yang bagus. Memang terumbu karangnya tidak sebanyak dan seindah seperti di Nusa Penida atau di Lombok, namun hal ini sudah bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi kita para warga Jakarta yang tidak mempunyai banyak waktu untuk berlibur.

Bagaimana cara kesana?

Ada dua cara untuk bepergian ke Pulau Pari yaitu melalui Muara Karang (menggunakan perahu mesin biasa) atau melalui Marina Ancol (menggunakan speed boat). Tentunya harga tiket dari 2 tempat penyeberangan tersebut berbeda karena jenis transportasi yang digunakan serta waktu tempuhnya. Perjalanan dari Muara Angke membutuhkan kurang lebih 2,5 jam, namun apabila naik speed boat dari Marina, waktu tempuh hanya sekitar 1 jam, tentunya dengan biaya yang lebih mahal daripada berangkat dari Muara Angke.

Namun apabila tidak mau repot, saat ini sudah banyak terdapat biro perjalanan yang menawarkan paket wisata lengkap ke Pulau Pari. Biasanya paket lengkap tersebut sudah termasuk tiket kapal PP (dari Muara Karang), Makan sehari 3 kali, penginapan, snorkeling plus peralatan dan perahunya, kamera bawah laut, sepeda per orang, guide dan tiket masuk tempat wisata.

Sebagai rekomendasi bagi yang mencari paketan ke Pulau Pari, saya merekomendasikan Amora travel karena pelayanannya benar-benar memuaskan. Untuk masalah harga, tidak beda jauh dari harga paket biro lain. Saat itu saya berdelapan dengan teman-teman kantor dan setiap orang membayar sekitar 320K. Info tentang Amora Travel ini bisa di search di Google ataupun di Facebook. Oh ya, kalau ingin memakai paketan wisata ke Pulau Pari, apapun biro travelnya, ada baiknya memesan 2  minggu sebelum rencana keberangkatan, karena suka penuh.

Jadi kalau masih bingung mau kemana weekend ini, Kepulauan Seribu bisa dicoba🙂

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s