Operator Taxi Oke di Jakarta

Taxi tanpa bisa dibantah, merupakan salah satu moda transportasi paling efektif ketika kita ingin menuju suatu tempat yang tidak terjangkau oleh moda angkutan umum lainnya seperti angkot atau bus. Meskipun harga pelayananannya tidak bisa dibilang murah, namun taxi menjadi andalan beberapa masyarakat yang ingin bepergian dengan efektif tanpa harus gonta ganti moda transportasi.

cabs

Bagaimana dengan Jakarta? Sudah pasti Jakarta sebagai Ibukota Negara memiliki banyak perusahaan operator taxi, dari yang tarif bawah sampai dengan tarif premium. Meski tak bisa dibantah, mau naik yang tarif bawah atau premium, tetap juga terjebak macet. Konon taxi di Jakarta itu paling tinggi tarifnya dibanding dengan taxi-taxi di kota lain seperti Bandung, Surabaya, Semarang, dll. Tapi menurutku, kemacetan di Jakarta inilah yang membuat taxi di Jakarta begitu mahal, karena meski berenti terjebak macet, argometer tetep aja jalan.

Namun ada fakta yang menarik mengenai taxi di Jakarta ini. Menurutku Taxi di Jakarta ini lebih jelas daripada taxi di Kuala Lumpur. Kenapa lebih jelas? karena di Jakarta, taxi resmi pasti menggunakan argometer, meski ada beberapa oknum sopir taxi yang mempermainkan penumpang dengan tidak menggunakan argometer. Hal ini jauh berbeda dengan Kuala Lumpur yang katanya sih, kelasnya lebih tinggi dari Jakarta. Saat di Kuala Lumpur, banyak sopir taxi memilih tidak menggunakan argometer dalam memberikan harga. Sehingga kadang kita harus tawar menawar harga untuk memakai moda transportasi ini.  Beberapa kali menggunakan taxi di Kuala lumpur, dan aku hanya pernah menemukan satu sopir taxi yang benar-benar niat menggunakan argometer dan menolak tawar menawar (kecuali ke KLIA).

Tapi di postingan ini bukannya mau membandingkan antara taxi Jakarta dengan kota lain. Postingan ini untuk memberikan bantuan kepada teman-teman yang baru di Jakarta, atau kebetulan sedang berada di Jakarta dan membuuhkan taxi untuk mendukung mobilitasnya.

Nah, biar ga ketipu sama taxi nakal, harus bagaimana?

Di Jakarta terdapat beberapa operator taxi yang sudah terkenal dengan pelayananannya yang bagus dan supir-supirnya bisa dibilang jujur. Rekomendasi operator taxi yang aku tulis sesuai dengan pengalaman pribadiku sebagai pendatang baru di Jakarta. Oia, operator taxi yang aku rekomendasikan disini adalah yang sudah pernah atau sering aku gunakan, seumpama ada operator taxi lainnya yang menurut orang lain bagus namun tidak ada di daftar yang aku buat, berarti aku belum pernah menggunakannya.

1. Blue bird

taksi_bbg

Siapa sih yang tidak tahu operator taxi yang ini. Tak hanya di Jakarta, Blue Bird juga ada di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Memang bukan masuk kategori “tarif bawah”, namun operator taxi satu ini bisa dibilang terrpercaya dalam hal kenyamanan dan kejujuran sopirnya.

2. Pusaka

1024px-ViosLimoNCP93PusakaTaxi10

Sepupunya Blue Bird karena satu Group, taxi ini juga bukan masuk kategori “Tarif Bawah”, namun harganya agak lebih murah daripada Blue Bird.

3. Taxiku

taksi04

Nah kalau yang ini taxi favoritku untuk ke Bandara. Kenapa? karena kalau pake taxi ini, kita tidak perlu menyiapkan uang ekstra untuk bayar tol ke bandara. Sopir taxi ini juga kebanyakan ramah, sering sekali mengajak ngobrol penumpang, meski penumpangnya lagi malas ngomong, hehehe …

4. Express

regular-taxi

Seperti Blue Bird, operator taxi ini juga memiliki banyak armada di kota-kota besar lainnya. Bedanya, taxi satu ini melabeli dirinya dengan “tarif bawah” karena memang tarifnya lebih murah daripada Blue Bird dan Pusaka. Namun meski masuk “tarif bawah” taxi ini tetap nyaman kok.

5. Gamya

latio-dalam

Operator taxi satu ini memiliki armada yang bagus dan nyaman, tarifnya pun ga mahal-mahal banget. Saya menggunakan taxi ini karena rekomendasi dari teman. Namun jumlah armada taxi ini sayangnya tidak terlalu banyak.

Itu dia 5 operator taxi yang aku rekomendasikan, semoga berguna. Sebenarnya masih banyak operator taxi yang bagus di Jakarta, namun aku belum pernah menggunakannya.

Selamat berkeliling Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s