SHORT TRIP KE SUMATERA BARAT: PAGANG ISLAND & PASUMPAHAN ISLAND

Photo 4-3-16, 1 10 47 PM

Jujur belum pernah denger nama Pulau Pagang dan Pasumpahan Island. Pernah dengarnya Sikuai dan Suwarnabhumi. Pas googling cari tempat buat snorkelling di Padang, muncullah 2 nama Pulau yang sedang hitz di Padang ini, Pulau Pagang dan Pulau Pasumpahan. Sebenernya ada satu lagi, Pulau Pamutusan, tapi difikir-fikir waktunya ga bakalan cukup karena flight balik kami ke Jakarta jam 7 malam.

Well, kerana memang udah niat snorkelling dan nenteng peralatan snorkelling sendiri dari Jakarta, pergilah kami keesokan harinya ke daerah Bungus yang masih masuk wilayah administratif Kota Padang. Banyak operator wisata yang menyediakan paket liburan ke Pulau-Pulau kecil di sekitaran Padang, salah satunya yang kami pakai hari itu. Kami diminta bekumpul di Losmen Carlos. Biasanya keberangkatan menuju Pulau sekitar jam 8 pagi, dengan catatan ga ada turis lain yang ngaret!!. Pengalaman kemarin bareng sama rombongan mahasiswa yang datangnya pake ngaret lama, jadi baru nyeberang sekitar jam 8.30 pagi.Kerana waktu yang terbatas, kami hanya mengambil paket one day trip ke Pulau Pagang dan Pulau Pasumpahan dengan harga paket Rp. 250rb/ orang sudah termasuk biaya boat PP, hoping island, makan siang, alat snorkelling dan kamera underwater.

Pulau pertama yang kita samperin adalah Pulau Pagang. Saat menuju ke Pulau Pagang dari Bungus kami melewati Teluk Sirih Power Plant, Pembangkit yang memproduksi listrik untuk kawasan Sumatera Barat. Ga bisa bayangin ternyata ada temanku yang sejak awal penempatan sampai sekarang berkantor di site Power Plant itu, heu.Photo 4-3-16, 8 43 03 AM

Pas dateng sebenernya matahari masih mumpet di balik awan, malu-malu gitu. Efeknya warna air laut di sekitar pulau tidak terlihat cantik. Tapi beberapa menit kemudian matahari muncul dan sim salabim, seketika air laut pun berwarna turqoise cantik.

Photo 4-3-16, 10 47 21 AM

Banyak aktivitas yang boleh dilakukan disini, such us jalan keliling pulau, snorkelling, banana boat dan doughnut (baca saja donat). Sayangnya terumbu karang di sekitar pulau ini belum terlalu banyak dan masih baby, tapi syukurlah cantik. Ikan-ikan disini pun banyak dan jinak kalau kita bawa makanan buat mereka. Jangan lupa untuk ambil foto di bawah air saat snorkelling. Permainan yang ada di Pulau ini pun tak kalah menarik, ada banana boat dan donat. Untuk donat per orangnya cukup membayar Rp. 35rb – Rp. 45rb dan kita puas dibawa keliling dengan kecepatan yang bisa membuat kita tereak kenceng. Kalau banana boat, ga tau berapa harganya karena sudah termasuk dalam [aket yang kami bayar. Fasilitas penginapan di Pulau ini pun ada, dan aku melihat banyak orang yang mendirikan tenda di pantai Pulau ni, yap mengirit pengeluaran.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Puas di Pulau Pagang, setelah makan siang lanjut ke Pulau Pasumpahan. Pulau kecil ini letaknya lebih dekat ke Pulau utama Sumatera. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari Pagang ke Pasumpahan. Moleknya Pulau ini tak kalah menarik dari Pulau Pagang, bahkan lebih menurutku. Yang lucu lagi, di Pulau ini ada ayunan di laut seperti yang ada di Ombak Sunset, Gili Trawangan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ohya sekedar saran, kalau mau kesini mendingan cari hari dimana tidak dikejar  jadwal flight balik ke kota asal dan juga kalau mau mandi bersih-bersih mendingan setelah sampai di Losmen Carlos  saja, karena pas balik dari Pulau ke Losmen bakalan basah kena air laut lagi, heu.

Waktu yang sempit membuat kami harus segera meninggalkan Pulau cantik ini untuk segera menuju Bandara Internasional Minangkabau di Pariaman

Photo 4-3-16, 6 29 33 PM

Next time, kalau ada rezeki dan kesempatan lagi pengen ke Batu Sangkar, Sawah Lunto, Kelok 9 dan Maninjau, insya Allah.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s