4 Jam di Hakodate

Photo 5-2-15, 12 13 14 PM

Kota besar yang terletak di selatan Pulau Hokkaido ini benar-benar membuat aku jatuh cinta. Cuacanya yang sejuk, semilir angin menggetarkan hati serta warganya yang ramah membuat kota ini cocok untuk menghabiskan masa pensiun (impian saja sih). Kami ke Hakodate bukan tanpa rencana, bukan pula tanpa alasan. Kenapa tak ke Sapporo yang konon lebih indah? yup karena jadwal cherry blossom di kota ini yang sesuai dengan jadwal kedatangan kami di Jepang. So tak heranlah kami mengejar moment ini sampai ke Pulau Hokkaido.

Untuk mencapai kota ini, kami terlebih dahulu harus naik Shinkansen ke Kota Aomori yang terletak di ujung Utara Pulau Honsu. Lama perjalanan yang harus kami tempuh ke Aomori adalah sekitar hampir 4 jam. Dan kemudian berganti kereta di Aomori untuk menuju Hakodate yang menempuh lama sekitar 2 jam, jadi total waktu yang kami tempuh kurang lebih 12 jam PP dari Tokyo ke Hakodate.

 

Ternyata untuk travel di Jepang pun butuh perjuangan. Karena kekurangtauan kami, saat naik Shinkansen kami tidak dapat tempat duduk karena penuh. Alhasil kami pun duduk berpindah pindah dari depan toilet sampai ke depan pintu masuk. Awalnya kami berfikir sistem tempat duduk kereta di Jepang ini seperti di Indonesia yang semua penumpang harus duduk, tidak ada yang berdiri, ternyata kami salah. Jadi kalau kamu-kamu ke Jepang dan ada rencana jalan jauh pakai kereta, pastikan hari sebelumnya kalian sudah check in di loket stasiun supaya dapat tempat duduk!. Lelah lho harus duduk di bawah selama hampir 4 jam, belum lagi harus berdiri karena ada yang mau pake toilet atau karena ada pramugari kereta lewat dengan troley nya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Begitupun ketika sampai di Aomori, kami pun tak dapat tempat duduk di kereta menuju Hakodate, yah kami nikmatin saja, kapan lagi punya petualangan seru seperti ini. Jalur kereta Aomori-Hakodate ini ternyata melewati terowongan bawah laut bernama Seikan Tunnel sepanjang 19.5 KM. Bayangin saja naik kereta Jakarta-Bandung dan melewati Terowongan Sasaksaat dengan durasi lebih panjang dan lama.

Sampai di Hakodate, Kami mencari Sevel&I  dulu untuk mencari makan. Ohya, ternyata di Hakodate ini banyak dijual seafood, yang paling menarik tentu saja kepiting alaska yang super gede itu. Sayang harga kepiting itu mahal jadi kami tak mampu beli, ngenes sih tapi dalam hati tetep berdoa, “ya Allah, Maher Zain pengen makan kepiting alaska”. Akhirnya kami pun menemukan Sevel&I dekat pemberhentian Trem. Dan surprise, doa kami terjawab, Seven&I hakodate mereka jual shisamo, gurita dan bahkan kaki kepiting alaska, tanpa pikir panjang aku pun langsung membelinya. Gak papalah cuma kakinya saja, yang penting kepiting alaska,heu. Surprise yang kedua, ternyata orang asing yang ada di dalam toko itu orang Indonesia juga. Mereka Pelaut Indonesia, kapal mereka sedang bersandar di Pelabuhan Hakodate dan mereka turun untuk mencari makan. Ohya, pegawai Sevel&I disini ga bisa bicara bahasa inggris, tapi mereka ramah dan total sekali melayani customernya, salutlah.

Kenyang dan kami pun langsung menuju ke Hakodate Park menggunakan Trem. Ternyata disana sudah banyak orang ber-Hanami bersama sanak saudara dan kawan. Yah seperti biasa karena baru pertama kali melihat sakura, aku pun seperti orang gila kesana kemari karena saking kagumnya. Kerana kam tidak membawa tikar, alhasil kami pun duduk beralsakan tanah sambilmakan jagung rebus dan camilan-camilan yang sudah kami beli di Seven&I dekat stasiun tadi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sempat ada keributan di taman, yah biasa ada orang yang terlalu mabuk sake, jadi tak terkontrol dan membuat keributan. Namun herannya hal itu tidak mengganggu kegiatan hanami orang-orang di sekitarnya. Sayangnya kami bisa lama-lama berada disana karena kami harus kembali mengejar kereta terakhir ke Tokyo. Sedih juga sih dalam satu hari habis 12 jam perjalanan di jalan dan hanya 4 jam merasakan guguran bunga sakura di taman dan tak sempat explore kota tenang ini. Tapi tak apa, kalau sudah jodoh pasti akan kesini lagi, seperti kata Afgan, jodoh pasti bertemu!!!

1431257907768

Bye Hakodate, Hello Gala Yuzawa!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s